Motivasi Tugas Akhir (Skripsi)

Kuliah merupakan kesempatan yang sangat baik untuk seseorang mendapatkan prestige pada masyarakat ketika seseorang beranjak dewasa. Menyandang gelar sebagai seorang Sarjana, Master, Doktor, atau bahkan Professor membuka peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dengan sallary yang dapat mencukupi kebutuhan pribadi dan keluarga. Khususnya mahasiswa S1, tentunya menjadi hal yang ditunggu-tunggu ketika memasuki semester 8 dimana kita dituntut untuk melakukan penelitian ataupun magang untuk menyelesaikan tugas akhir yaitu skripsi. Akan tetapi, terkadang pada saat yang kita tunggu itu timbul rasa jenuh pada diri karena rutinitas yang telah berbeda, yaitu tidak ada lagi bangun pagi untuk kuliah sehingga untuk mahasiswa/i yang tidak bisa memanajemen diri akan bermalas-malasan untuk melakukan penelitian dan meyelesaikan tugas akhir. Untuk mengatasi hal tersebut, saya punya trik dan tips agar tidak bermalas-malasan untuk melakukan penelitian dan tugas akhir, cekidot:

1. Mindset.

Image

Terlebih dahulu, perbaiki pola pikir kita bahwa penelitian dan skripsi bukanlah hal yang susah. Kenapa tidak susah? Karena banyak orang yang telah melewati dan berhasil medapatkan gelar Sarjana. Kemudian jangan memikirkan hal yang terlalu besar untuk dilakukan pada penelitian. Pada dasarnya penelitian tersebut merupakan suatu langkah evaluasi dari ilmu yang telah kita dapatkan pada semester-semester sebelumnya, maka jangan melakukan penelitian diluar ilmu yang telah kita dapatkan. Anda bukanlah Professor yang harus menghasilkan terobosan ataupun hasil eksperimen yang menggoncangkan dunia. hahha…. artinya sederhanakanlah ide-ide penelitian yang akan dilakukan sebatas ilmu yang telah didapatkan pada perkuliahan semester-semester sebelumnya. Yang terpenting lulus, toh pada saat kerja ngkk bakalan ditanyain mengenai penelitan akan tetapi IPK dan personality kita,

2. Targetkan

Image

Target merupakan hal yang harus direncanakan agar kita tidak bermalas-malasan. Targetkan kapan penelitian Anda selesai, kapan menulis skripsi, revisi skripsi serta menyelesaikan skripsi. Bahkan targetkan kapan Anda akan sidang skripsi dengan mempertimbangkan kapan akan wisuda (lihat kalender akademik). Dengan hal tersebut, maka Anda akan termotivasi untuk menyelesaikan tugas akhir secepat mungkin. Mungkin juga bisa dibicarakan kepada pembimbing skripsi Anda mengenai target kelulusan yang Anda inginkan. Pembimbing akan mempertimbangkan penelitian & tugas akhir yang cocok dalam mencapai target kelulusan Anda tersebut.

3. Looking for the Future

Image

Masa depan merupakan pertimbangan semua orang untuk melakukan apa yang harus dilakukan pada saat sekarang, karena apa yang kita lakukan saat ini 90% akan menjadi penentu masa depan kita dan 10% lagi adalah kuasaNya. Mutu tenaga kerja Indonesia dari tahun ke tahun yang terus meningkat harusnya menjadi motivasi Anda untuk lulus sarjana dengan cepat. Lebih cepat lulus maka akan lebih cepat dapat pekerjaan dan berarti pengalaman kerja Andapun lebih lama. Urgent Point have you remember that tahun 2015 adalah era perdagangan bebas. Itu berarti pada tahun tersebut perusahaan di Indonesia secara bebas menerima tenaga kerja asing, artinya kita bersaing untuk mendapatkan pekerjaan dengan warga asing. Come on…. buruan lulus di tahun 2014 ini guys….  Tapi menurut saya pribadi lebih baik menciptakan lapangan pekerjaan dari pada menjadi job seeker, jika hal tersebut bisa dilakukan, tentunya bisa😀 Keep optimist!!!!

Kelulusan kita tentunya ditentukan oleh diri kita sendiri disamping adanya faktor Xdosen dan Xtuhan. Oleh karena itu lalukanlah yang terbaik untuk diri kita karena nasib kita hanya ditentukan oleh kita sendiri. Dan perlu diingat, meskipun kita tidur-tiduran waktu akan terus berjalan tanpa dirasakan teman-teman seangkatan kita sudah pada wisuda sedangkan kitaaa???? Jangan sampai hal itu terjadi pada diri kita Guyss… untuk itu semangat untuk tugas akhirnya dan tetap Happy jangan sampai stress sebelum wisuda hahahah….

Tinggalkan komentar

Filed under Sarjana, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s